10 Fakta Unik Teh yang Harus Kamu Tahu!

03-Dec-2020 15:44

Selain enak disruput, teh juga ternyata mempunyai banyak keunikan. Di bawah ini sudah kami rangkuman10 fakta unik teh yang bisa menambah wawasan kamu, penasaran? Yuk simak. 

1. Teh bisa menyerap bau kulkas

Foto: Tribunnews.com

Teh kering (belum diseduh) ternyata bisa menyerap bau, sehingga bisa menjadi solusi penyerapan bau kulkas yang kurang sedap. Caranya mudah kok, kamu cukup meletakkan teh kering secukupnya di wadah terbuka, lalu tempatkan di dalam kulkas.

2. Teh putih punya kandungan antioksidan yang lebih tinggi

Foto: Merdeka.com

Teh putih mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan dalam secangkir teh putih bahkan setara dengan sepuluh cangkir jus apel. Luar biasa bukan? Kita bahkan tak perlu memakan sepuluh buah apel untuk mendapatkan kebaikan antioksidan, cukup dengan meminum secangkir teh putih saja.

3. Pohon teh bisa tumbuh hingg 9 meter

Tribunnews.com

Untuk jenis teh jawa dan cina, ketinggian tanaman ini dapat mencapai sembilan meter. Bahkan tanaman teh jenis Assamica bisa mencapai ketinggian dua belas hingga dua puluh meter. Akan tetapi di perkebunan, pohon teh dipangkas agar dapat dimaksimalkan produksi daunnya, sekaligus juga memudahkan dalam proses panen.

4. Teh hijau memperlambat tumbuhnya sel kanker

Foto: Kompas.com

Polifenol yang terdapat pada daun teh hijau ini bermanfaat untuk pencegahan kanker karena mampu mematikan sel kanker. Menurut para peneliti, kandungan polifenol yang bersifat antioksidan inilah yang memberi perlindungan dari serangan kanker.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Foto: Istimewa

Catechin merupakan jenis kandungan unik flavonoid dalam teh, walaupun kandungan ini tidak secara langsung memecah lemak pada dinding pembuluh darah, namun dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan memaksimalkan pembuangan kolesterol melalui feses.

6. Teh bisa mengusir nyamuk

Foto: Istimewa

Di musim hujan seperti sekarang ini, populasi nyamuk meningkat karena banyaknya area lembab dan genangan air hujan yang menjadi sarang perkembang biakan nyamuk. Di sinilah daun teh kering sisa pakai berguna sebagai pengusir nyamuk. Kamu cukup mengeringkan daun teh tersebut lalu membakarnya, asap hasil pembakaran akan mengusir nyamuk. Dan positifnya, cara ini cukup aman untuk manusia lho!

7. Rasa teh dipengaruhi oleh alam

Foto: Istimewa

Walaupun banyak macam teh dengan aneka rasa yang sedikit berbeda, namun semuanya berasal dari satu jenis tanaman yang sama yaitu Camellia Sinensis. Sedangkan yang memengaruhi rasa teh adalah keadaan iklim, ketinggian, dan komposisi tanah.

8. Teh hijau bermanfaat bagi kesehatan mulut

Foto: Halodoc

Selain terkenal dengan manfaatnya menurunkan berat badan, ternyata teh hijau juga baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Catechin jenis epigallocatechin gallate yang terkandung di dalam teh hijau bersifat antidiabetik, antimultagenik, antivirus, antiinflamasi, antibakterial; dapat menghambat pembentukan biofilm yang menyebabkan plak pada gigi. Manfaat lain bagi kesehatan mulut antara lain; menjaga kesehatan gusi, mengontrol pertumbuhan bakteri, dan menyegarkan napas.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Foto: Detik.com

Sifat antibakteri alami pada teh dapat menjadi peningkat kekebalan tubuh, mungkin karena itu juga kebanyakan orang meminum teh pada saat keadaan tubuh kurang bugar. Sehingga tubuh akan kembali segar.

10. Menguatkan tulang

Foto: Detik.com

Di dalam teh terkandung flavonoid yang bekhasiat menghambat pengikisan tulang dengan mempercepat pembentukan sel-sel tulang baru. Flavonoid tidak hanya bisa ditemukan di teh, namun juga buah dan sayur, hal ini menjadi berita baik bagi kaum lanjut usia yang mengalami masa-masa pengikisan tulang yang relatif lebih cepat dibanding usia muda,

Selain menjadi penikmat teh, sekarang kamu jadi tau apa saja kenunikan sekaligus manfaat yang ada dibalik kesegaran rasanya. Share ke teman-teman atau sahabat kamu yang harus tau ini, supaya mereka juga tau keunikan-keunikan teh yang luar biasa ini. Oke :)

 

 

Sumber: idntimes.com