8 Minuman Tradisional Indonesia yang Punya Khasiat untuk Menjaga Kesehatan

26-Aug-2021 13:44

Kepedulian dengan tetap di rumah saja dan selalu menjaga jarak sudah sangat membantu menjadi salah satu cara pencegahan penyebaran virus Covid-19. Tapi kamu harus tetap semangat menjaga kesehatan agar selalu fit dan bugar walaupun di rumah aja.

Beruntungnya jadi orang Indonesia yang punya banyak minuman khas tradisional yang bisa membantu untuk menjaga stamina tubuh.

Apa saja sih, jenis minuman tradisional yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan? Yuk simak ulasannya.

 

1 | Teh Talua

Ini adalah minuman kesehatan yang berasal dari Sumatera Barat. Berbahan dasar minuman teh yang dicampur dengan kuning telur dan rempah-rempah khas daerah Sumatera Barat.

 

2 | Wedang Uwuh

Wedang Uwuh ini punya khasiat yang banyak jika dikonsumsi lho. Sebab kandungan rempah-rempah yang kaya dalam minuman ini punya antioksidan tinggi dan dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Minuman khas dari Bantul, Yogyakarta ini paling enak dinikmati saat hangat.

 

3 | Bajigur

Minuman yang satu ini berasal dari daerah Jawa Barat. Karena rasanya yang manis, legit dan hangat, Bajigur cocok banget dikonsumsi saat malam hari. Biasanya sih, minum Bajigur jadi lebih sedap dengan ditemani cemilan seperti pisang atau singkong goreng yang renyah.

Konon, minuman ini tercipta dari kebiasaan para petani Sunda yang sering membuat minuman dari gula aren sebelum berangkat ke sawah. Resep minuman ini sudah berkembang seiring waktu dengan menambah bahan-bahan yang kaya manfaat.

 

4 | Sarabba

Masyarakat di Bugis, Sulawesi Selatan punya minuman tradisional yang menyegarkan, namanya Sarabba. Minuman ini dibuat dari perpaduan gula aren, jahe, santan dan kuning telur. Pokoknya unik dan membuat badan jadi terasa hangat.

 

5 | Bir Pletok

Bir Pletok ini tidak mengandung alkohol sama sekali ya. Karena saat jaman kolonial dulu, warga Betawi sangat penasaran dengan minuman anggur yang sering dikonsumsi oleh Kolonial Belanda saat itu. Tapi karena minuman anggur tidak diperbolehkan oleh agama setempat, maka dengan kreatifnya orang-orang Betawi membuat minuman yang kaya dengan bumbu-bumbu dan rempah sebagai alternatifnya. Bir Pletok juga melambangkan kemewahan, kesuksesan dan kemakmuran layaknya minuman anggur.

 

6 | STMJ

Sudah pada tahu belum kalau STMJ itu kepanjangan dari susu, telor, madu, jahe? Nah, minuman yang berasal dari daerah Malang, Jawa Timur ini banyak ditemukan di kawasan Pulau Jawa. Kamu bisa banget bikin minuman yang baik untuk kesehatan ini di rumah lho.

 

7 | Wedang Ronde

Walaupun Wedang Ronde ini berasal dari Cina yang terkenal dengan nama tang yuan atau dongzhi, namun setelah diperkenalkan oleh para pedagang Cina, minuman tradisional ini banyak ditemui di daerah Jawa Tengah. Kamu yang mau minuman hangat kala di rumah aja, bisa membuatnya sendiri lho.

 

8 | Bandrek

Buat kamu yang di rumah aja, minuman hangat ini sangat cocok dinikmati saat hujan dan cuaca dingin. Minuman khas Jawa Barat ini terbuat dari campuran gula aren, jahe dan serai. Bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya terbilang mudah kok.  (*)

 

Sumber: Indonesia Travel/ Kemenpar RI
Foto: Kompas.com dan berbagai sumber