6 Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Wajib Dicoba

08-Oct-2021 14:51

Kamu pasti setuju jika berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya, terlebih jika destinasi itu berbeda dengan daerah asal kita. Itu sebabnya kuliner khas Kalimantan Selatan sangat menarik untuk dicoba, terutama bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke sana.

Berikut ini kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kalimantan Selatan. Yuk, simak!

1 | Soto Banjar

Soto Banjar menjadi menu khas Kalimantan Selatan yang menduduki urutan pertama. Salah satu ciri khas soto Banjar adalah aroma kuahnya yang berasal dari aneka rempah.

Beberapa jenis rempah yang digunakan adalah kayu manis, biji pala, cengkih, bunga lawang, dan kapulaga. Tampilan kuahnya bervariasi, ada yang bening, ada juga yang menyajikan kuah dengan tekstur agak keruh. Warna keruh ini biasanya berasal dari kentang rebus yang sudah dihaluskan kemudian dicampurkan pada saat proses merebus.

Satu porsi soto Banjar berisi ketupat, suwiran daging ayam, irisan telur bebek, wortel, soun, dan perkedel. Untuk menambah kelezatan, Sobat Pesona bisa menambahkan perasan jeruk nipis, sambal, dan kecap sesuai selera.

Soto Banjar bisa dengan mudah ditemukan di Kawasan Wisata Kuliner Banua Anyar, dengan kisaran harga antara Rp20.000,- sampai Rp30.000,- per porsi.

2 | Ketupat Kandangan

Menu satu ini berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Jika kamu familier dengan lontong atau ketupat sayur Betawi atau Padang, maka bersiaplah untuk “naik level” dengan mencicipi ketupat Kandangan karena level santan pada ketupat Kandangan ini jauh lebih kental.

Untuk lauknya sendiri, masyarakat Banjar biasanya menggunakan ikan asap haruan atau gabus. Buat kamu yang ingin menikmati seporsi ketupat Kandangan, kamu hanya perlu merogoh kocek antara Rp20.000,- sampai Rp25.000,-

3 | Ikan Bakar

Ikan bakar termasuk menu yang tidak boleh dilewatkan jika kamu berkunjung ke Banjarmasin. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan tambak atau sungai seperti ikan patin, ikan lais, ikan haruan (gabus), ikan papuyu (betok), dan ikan seluang.

Disajikan dengan nasi hangat, lalapan seperti daun singkong dan kacang panjang rebus, lengkap dengan sambal. Saat menyantapnya dijamin tidak cukup sepiring.

Untuk menikmati ikan bakar khas Kalimantan Selatan ini, kamu bisa mengunjungi Kawasan Wisata Kuliner Banua Anyar.

4 | Nasi Kuning Ikan Haruan

Sebagai menu sarapan, mungkin nasi kuning bukan menu yang istimewa, karena kamu bisa dengan mudah menemukannya di mana-mana. Namun, kamu tidak akan bisa menyantap nasi kuning dengan lauk ikan haruan masak habang (merah) sembari menikmati pemandangan Sungai Martapura selain di Kalimantan Selatan.

Untuk seporsi nasi kuning yang dikemas dengan bungkus daun pisang ini, kamu cukup membayar Rp5.000,- hingga Rp8.000,-.

5 | Pundut

Salah satu makanan legendaris di Kalimantan Selatan adalah pundut, yang dalam bahasa Banjar artinya bungkus. Sesuai dengan namanya, pundut adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang, diolah dengan cara dikukus.

Sebelum dikukus, daun pisang diisi dengan beras yang diberi tambahan santan, sehingga keistimewaan pundut terletak pada lemak santan tersebut. Pundut biasanya disajikan dengan bumbu masak habang (merah).

6 | Buras

 

Jika dilihat sekilas, buras terlihat mirip dengan pundut. Namun, yang membedakannya adalah buras disajikan dengan sambal kacang. Sajian khas ini mudah sekali ditemukan di penjual makanan di Kalimantan Selatan saat pagi hari sebagai salah satu menu sarapan. Untuk menikmati pundut maupun buras ini, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp3.000,- hingga Rp5.000,-.

Nah itu tadu 6 kuliner khas Kalimantan Selatan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Tertarik mencicipi menu yang mana nih? Saat berwisata nanti, jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan ya, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel/ Kemenparekraf