10 Kuliner Legendaris Jakarta Yang Wajib Dicoba

08-Oct-2021 16:55

Sebagai ibu kota negara, Jakarta sudah bertahun-tahun menjadi pusat akulturasi dan asimilasi berbagai macam budaya yang ada di Indonesia.

Buat kamu yang pernah ke Jakarta, pasti sering dong ketemu sama orang dari berbagai daerah datang atau bahkan menetap di pusat kota metropolitan ini?

Nah, latar belakang yang bervariasi itu ternyata memengaruhi dunia kuliner Jakarta. Di sini kamu bisa menjumpai beraneka ragam sajian legendaris yang mempunyai karakter berbeda-beda, mulai dari bakmi yang menggugah selera, es krim segar asli dari Italia, sampai gabus pucung yang luar biasa gurihnya.

Yuk, cari tau lebih banyak kuliner Jakarta legendaris lainnya di bawah ini.

1 | Bakmi Gang Kelinci

Siapa sih yang enggak suka sama lezatnya mi yang kenyal dan suwiran daging ayam yang empuk? Kalau kamu suka banget sama mi ayam, berarti Bakmi Gang Kelinci wajib didatengin kalo main ke Jakarta.

Restoran yang dirintis pada tahun 1957 ini sekarang sudah tersebar luas di kota Jakarta, cabangnya ada di Pasar Baru, Cengkareng, Kuningan, Menteng, Kemayoran, Blok M, juga Grogol.

Lalu, apa saja menu yang disajikan di sini? Ternyata ada banyak, mulai dari bakmi ayam, i fu mie, kwetiau, sampai nasi goreng. Setiap hidangan juga diolah oleh juru masak yang unggul menggunakan bahan-bahan terbaik, jadi rasanya pasti enak.

2 | Es Ragusa Italia

Ada enggak sih kuliner Jakarta yang seger? Jelas ada dong, coba deh kamu dateng ke toko es krim legendaris yang bernama Es Ragusa Italia yang terletak di Jl. Veteran, Gambir.

Toko es krim yang sudah didirikan sejak tahun 1930-an ini menyediakan es krim tradisional Italia dengan beraneka ragam pilihan rasa, mulai dari coklat, vanilla, stroberi, hingga kismis dan durian.

Es krim buatan sini teksturnya jauh lebih lembut dari es krim biasanya. Susu sapinya pun murni tanpa ada kandungan pengawet.

3 |Gabus Pucung Dapur Betawi

Kamu sudah kenal belum sama yang namanya gabus pucung? Olahan ikan gabus dan kluwek khas Betawi ini memiliki rasa gurih dan asam.

Kalau ksmu lagi ada di sekitar Jakarta dan mau nyoba langsung makanan yang satu ini, dateng aja ke Gabus Pucung Dapur Betawi Cabe 5 di Jl. Raya Parung, Ciputat.

Selain menghidangkan gabus pucung yang nikmat, tempat ini juga mempunyai nuansa tempo dulu, membuat pengalaman wisata kuliner Jakarta jadi terasa lebih autentik.

4 | Kerak Telor Bang Sape’i

Nah, kudapan legendaris yang satu ini pasti kenal dong, apalagi kalau sering jalan kaki di sekitar Jakarta. Terbuat dari telur ayam atau bebek, beras ketan, ebi, serta kelapa sangrai, hidangan yang gurih ini teksturnya renyah di luar tapi dalamnya terasa lembut.

Tergiur nggak? Kalo iya, pas banget nih, soalnya sekarang kamu bisa mencicipi kerak telor khas Betawi langsung di rumah masing-masing. Pesen aja Kerak Telor Bang Sape’i lewat berbagai toko online. Tinggal pilih mau yang rasa telur ayam atau bebek.

5 | Laksa Betawi Assirot

Nikmati perpaduan sempurna antara kuah santan penuh rempah dan beraneka macam olahan lainnya seperti ketupat, tauge, daun kemangi, daun kucai, dan bawang goreng.

Kalau kamu mau menyantap hidangan lezat ini, dateng aja ke Laksa Betawi Assirot di Jl. Assirot, Kebayoran Lama. Berdiri sejak tahun 1978, makanan di tempat ini diracik turun temurun. Di sini kamu juga bisa memilih lauk tambahan seperti semur daging, empal, jengkol, tahu, tempe, kentang, dan telur.

6 | Martabak Pecenongan

Kudapan yang cocok untuk dijadiin temen ngumpul ini adalah salah satu makanan Indonesia yang sudah mendunia. Kamu bisa menjumpai makanan ini di berbagai belahan Indonesia.

Di Jakarta, ada salah satu gerai martabak yang legendaris banget, nih. Namanya Martabak Pecenongan. Di sini kamu bisa milih bermacam -macam topping, mulai dari keju, coklat, kacang, hingga green tea dan red velvet. Kalo mau coba, dateng aja langsung ke Jl. Pecenongan Raya No 65A.

7 | Mie Ayam Gondangdia

Masih ngidam sama mi? Di Jakarta masih ada lagi salah satu restoran mi yang juga legendaris, yaitu Mie Ayam Gondangdia, lokasinya berada di Jl. RP Soeroso No. 36, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dan telah memiliki banyak pelanggan setia. Mi ayam andalan di sini teksturnya minya begitu lembut, ayamnya empuk dan manis, kuahnya pun gurih banget. Pokoknya bisa bikin kamu ketagihan, deh.

8 | Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani

Makanan yang satu ini adalah sebuah santapan yang sangat umum. Setiap orang pasti punya nasi uduk dambaan sendiri. Tapi, ada satu kedai di Jakarta yang pasti dicintai oleh para penikmat nasi uduk. Letaknya ada di Jl. Kebon Kacang Raya, Tanah Abang.

Kedai yang bernama Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani ini telah didirikan sejak tahun 1967. Berawal dari sebuah gerobak kecil, kedai ini telah melewati perubahan lokasi dan nama beberapa kali. Tetapi, ada satu hal yang nggak pernah berubah di sini, yaitu kelezatan nasi uduk dan ayam gorengnya.

9 | Roti Bakar Eddy

Roti lapis khas Indonesia yang satu ini pasti udah enggak asing lagi buat kamu. Wajar, soalnya cemilan ini seringkali ditemui di sekitar jalanan Indonesia.

Di Jakarta, ada nih salah satu warung roti bakar yang terkenal, namanya Roti Bakar Eddy. Kedainya sekarang tersebar luas di Jakarta, tetapi lokasi pertamanya terletak di Jl. Raden Patah, Blok M.

Apa sih yang membuat Roti Bakar Eddy spesial? Ternyata, roti yang digunakan adalah buatan sendiri dan pilihan isinya pun banyak sekali, mulai dari coklat, keju, sampai kornet dan telur. Wisata kuliner kamu rasanya bakal kurang kalo enggak nyempetin ke tempat yang satu ini.

10 | Soto Betawi H.Ma’ruf

Menjelajahi kuliner Jakarta enggak bakal lengkap, nih kalo nggak nyobain soto Betawi autentik. Soto yang diolah menggunakan santan, kentang, tomat, serta, potongan daging sapi, kambing atau jeroan ini merupakan salah satu santapan khas Jakarta yang bisa ditemui di mana-mana.

Di Jakarta sendiri, tempat makan yang menyediakan soto Betawi legendaris salah satunya adalah Soto Betawi H.Ma’ruf. Dirintis sejak tahun 40-an, tempat ini telah disambangi oleh berbagai pejabat.

Kalau kamu mau mencoba soto Betawi istimewa ini, dateng aja ke Jl. Cikini Raya No. 73! Soto Betawi H.Ma’ruf juga membuka cabang di Jl. RP Soeroso, Plaza Atrium, Jl. Pramuka, dan Jl. Tebet Raya.

Nah, sekarang sudah tahu kan makanan apa aja yang bisa dicoba kalo nanti mau ngadain wisata kuliner bareng keluarga atau temen-temen di Jakarta? Tapi jangan lupa ya, patuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, serta menghindari makan bersama. (*)

 

 

Sumber: Indonesia.travel/ Kemenparekraf RI